Wednesday, July 31, 2013

Penglaju

Sebagai manusia biasa, tentu saja Mustafa bisa merasakan benci juga. Kali ini Mustafa memberikan beberapa pengendara yang dibencinya saat berkendara dari Moonrise Kingdom ke tempatnya bekerja dan juga sebaliknya.

1. Tak berhelm.
Namanya helm kan ya penting banget, apalagi kalo untuk perjalanan jauh, dan ramai. Helm itu digunakan untuk melindungi kepala kalo semisal kepala kejedot aspal agar tidak bocor atau pecah nantinya. Kalo kepalanya bocor kan mati, terus nanti yang rugi juga anak-anaknya yang ditinggal mati, suami/istri yang ditinggal mati, bapak/ibu yang ditinggal mati, dan banyak yang ditinggal mati lainnya. Cuma pake helm doang apa susahnya sih. Lagian kan kalo ndak pakek helm juga bakal ditilang polisi.
Tipe pengendara motor tak berhelm ini biasanya mempunyai tendensi untuk melanggar lalu lintas yang cukup tinggi. Keinginan untuk bablas kebut saat lampu berwarna kuning sangat tinggi.

2. Berhijab heboh dengan warna ngejreng.
Sebagian pengendara motor wanita yang berhijab memang ceroboh, jarang sekali melihat spion sebelum belok. Mungkin dengan hijab sudah merasa aman kalo kenapa-kenapa, cuma ya bikin rugi pengendara lainnya kalok tetiba belok ga kasih tanda. Lagian kalo pake hijab kan biasanya heboh tuh sampek roknya juga yang lebar mobat-mabit kemana mana, apalagi kalo warnanya ngejreng jambon ato kuning ato hijau gitu...ya bukan kenapa-napa sih, cumak Mustafa jadi silau matanya ngeliatin kaya gitu. untung ndak hilang konsentrasi Mustafa.

3. Tak Sabaran.
Pengendara sepeda motor seperti ini sukaknya klakson waktu lampu lalulintas masih merah. Padahal penghitung waktunya masih di detik ke-3. Terus abis gitu, kalok misalnya lagi jalan, terus ada mbak berhijab heboh dengan warna ngejreng tau-tau belok ngambil jalur sembarangan, biasanya si pengendara tak sabaran langsung bunyikan klakson kenceng dan lama banget, terus pas nyelip mbak berhijab heboh dengan warna ngejreng itu tadi, biasanya nengok gitu ngeliatin mukanya si mbak tadi dengan culas...terus mblayer. Ga tau dah itu mau Tebar Pesona apa nantang balapan.
Nah, si pengendara Tak Sabaran ini juga ada di pengendara mobil. Pengendara mobil yang tak sabaran jauh lebih menyebalkan lagi daripada pengendara motor tak sabaran. Yaiyalah, udah naek mobil kaga kena panas ato hujan ato apalagi debu, masih aja kaga sabaran.

4. Nyolong Start.
Pengendara nyolong start ini biasanya massive! Kalok ada satu yang nyolong lampu merah, biasanya diikuti pengendara lain. Dan Mustafa mau ndak mau juga jadi nyolong lampu merah. Karena kalok Mustafa tetep berenti, yang di belakang Mustafa juga pasti bunyiin klakson ribut banget dah. jadi, penyolong start ini selalu ada pengendara yang melakukannya lebih dulu sehingga diikuti oleh motor-motor lain dan jadinya nyolong start massal. Ntar giliran ada yang ditilang polisi ajah, mukanya jadi cemberut!

5. Berknalpot berisik.
Tidak ada estetika dari suara knalpot motor yang berisik banget. Apalagi kalok deket-deket Mustafa pas lagi nunggu lampu merah. Alamak! Mustafa langsung emosik! Dan anehnya nih ya, motor yang knalpotnya berisik, biasanya motornya jelek. Ga tau kenapa, tapi motor-motor itu biasanya dikasih stiker norak gitu, ada glitter emasnya gitu, terus bodynya ngga genep - selalu ada yang dicopot entah kenapa. Dan pastinya ugal-ugalan dong naek motornya. Terus yang berknalpot berisik ini biasanya jaketnya sama sepatunya jelek, kayak ndak punyak selera berbusana yang bagus gitu loh. Jadi pakek jaketnya tuh ndak sesuai sama bentuk badannya, terus sepatunya tuh ndak masuk sama celananya, belon lagi pilihan helmnya yang aneh. Kacau banget dah.

6. Riding & Texting.
Ini kacau juga ya, kirim SMS sambil ngendarain motor, kayak ndak ada waktu lain buat ngabarin yayangnya udah mau nyampek kos-kosan gitu loh. Coba bayangkan yayang kamu sms "Sayang aku sudah deket ko..'GUBRAKKK!'" gitu. Ya walopun ndak mungkin juga kirim sms pakek bunyik tabrakan gitu sih. Tapi kan selalu ada kemungkinan tinggi kecelakaan, karena otak membagi tugas dan memeah konsentrasi berkendara sampai 50%. Fatal loh akibatnya. mending berenti dulu di pinggir jalan, kalok ndak ya tunggu pas kenak lampu merah baru sms-an kan bisak.

7. Pacaran.
Ini paling aneh. Kenapa ya kalok lagi pelukan mesra sampe ceweknya njengking gitu kayak ndak peduli ada bus dan truk yang melaju dengan kencang siap menghajar mereka dan maut memisahkan. Masnya tuh sukaknya nengok ke mbaknya gitu, kepalanya sampe kayak ketarik gitu terus ndak sadar kalok motornya mulai berjalan menyamping. Mending ngeliatin spion!

Yang paling bikin Mustafa sebal adalah pengendara yang memiliki knalpot berisik. Soalnya bikin Mustafa emosik kalo ndenger suara ribut gitu. Mustafa seperti pengen teriakin tuh orang sambil ngeluarin belati yang disimpan Mustafa di pinggangnya dan menggorok leher si pengendara berknalpot berisik itu sampek lehernya dan kepalanya setengah copot. Kalo kepalanya copot kan uda langsung mati, sakitynya cuma bentar, kalo setengah potol tuh sakitnya lama, jadi sempet mikir kalok knalpot motornya tuh bikin sakit hati orang lain. Mungkin setelah reinkarnasi dia akan kapok dan juga akan memakai busana yang lebih bagus lagi saat berkendara.

Mari berkendara dengan tenang, sabar, dan sopan. Insyaallah selamat sampai tujuan dan bertemu keluarga lagi.

No comments:

Post a Comment