Tuesday, January 7, 2014

Heartbreak

Mustafa mencoba berpikir ulang dan mengingat apa sih yang dimaksud dengan patah hati. Kenapa sih orang-orang bisa patah hati? Bukannya kalo hati kita patah, ya langsung mati ya?

Setelah merenung, apa yang bikin patah hati menurut Mustafa adalah ketidakmampuan merubah keadaan. Jadi seperti ketika kita ndak punya kuasa dan kendali pada apa yang terjadi, di situlah patah hati. Karena masing-masing kita memiliki bayangan idealnya sendiri, dan itu akan membuat kita terus mengejar apa yang sesuai dengan yang kita bayangkan. Kalau tidak tercapai ya sudah, paling tidak kita sudah berusaha. Lalu, patah hatinya dimana? Patah hatinya adalah ketika kita sadar kalau kita gagal menggapai bayangan idealnya sudah di luar usaha kita. Semisal nih, contoh paling gampang, si cowok naksir berat sama si cewek, jatuh cinta dah pokoknya, dikejar terus si cewek ini, ya namanya juga usaha yaaaa...eh, tau-tau si cewek ini pas lagi maen ke mall sama temen ceweknya malah keambrukan pohon natal, dipanggil tuhan, alias matik. Patah hati lah si cowok. Ya, panggilan Tuhan itu adalah sesuatu yang tidak bisa kita usahakan lagi.

Jadi ya sesuatu keadaan yang tidak mampu kita ubah dan kita kejar akan membuat patah hati. Ini yang membuat sesuatu terasa tidak adil. yang membuat hidup tidak adil. Kalo nyambung cerita yang tadi, misalnya lagi nih ya, si cowok ini udah habis-habisan ngirimin si cewek ini rangkaian bunga setiap hari, eh, malah si cewek matik, kan ya si cowok merasa ndak adil. Usaha yang besar loh menghabiskan tabungan untuk mengirimkan karangan bunga buat cewek pujaan, eh, kok malah matik ketibanan pohon natal di mall, mana ke mallnya ndak sama dia lagi. Kan jadinya malah ditinggal matik atas dasar keinginan Tuhan, bukan keinginan si cowok, bukan keinginan si cewek. Kan ndak adil banget tuh.

Kalo uda ngerasa ndak adil gitu biasanya bersikap menyalahkan diri sendiri. Si cowok ini setelah tau kalo si cewek matinya ketibanan pohon natal dia langsung sedih. Tau gitu si cewek disuruh pakek helm pas di mall. Tau gitu si cewe disuruh ndak usah ke mall, tapi ke pasar aja. Tau gitu si cewe kalo ngotot pengen ke mall, disuru di parkiran aja, ndak usah ke dalem. Ya gitu gitu deh. Ya ini jadi salah si cowok, kerna ndak ngingetin si cewek. Padahal ya bukan salah mereka. Padahal ya emang udah dipanggil aja. Nah, siapa yang manggil?

Ya gitu dah, kayaknya itu yang berhubungan dengan patah hati. Ndak semata-mata diputusin pacar terus patah hati, bo'ong ituh. Diputusin pacar lalu patah hati dan ingin bunuh diri itu hanya ada di sinetron dan di koran pedesaan. Kalok diputusin pacar itu namanya "belum jodohnya".

1 comment:

  1. Patah Hati bisa bikin mati … tanya kenapa? tanya galileo galilei!

    ReplyDelete